web widgets

Senin, 18 November 2013

Mapel TIK


1. Network Interface Card (NIC)
     NIC disebut juga kartu antarmuka jaringan, merupakan perangkat penghubung yang dipasang pada setiap komputer. Pada umumnya, PC dekstop sekarang ini telah memiliki NIC yang disebut onboard card LAN. PC yang belum memiliki NIC dapat dipasangkan pada slot ekspansi di dalam komputer. Komputer jenis notebook memiliki slot untuk kartu jaringan yang biasa disebut slot PCMCIA dan slot ekspres. Pada komputer Macintosh, pemasangan NIC menggunakan kotak khusus yang ditancapkan ke serial port atau SCSI port. Kartu jaringan yang banyak digunakan adalah kartu ethernet, konektor localtalk, dan kartu jaringan token ring. Pada umumnya, PC menggunakan kartu ethernet. 
a. Kartu Ethernet 
    
1.Memiliki port untuk koneksi kabel koaksial.
2.Konektor yang digunakan adalah BNC untuk kabel koaksial. Dan RJ-45 untuk kabel Twisted Pair.
3.Juga memiliki konektor AUI yang dapat dikoneksikan dengan kabel koaksial, twisted pair, atau serat optik.

b. Konektor Localtalk

 
    1. Digunakan untuk komputer Macintosh.
    2. Menggunakan sebuah kotak adapter khusus dan kabel
        yang terpasang ke port printer.
    3. Memiliki kekurangan dalam kecepatan transfer data.
    4. Hanya dapat beroperasi pada kecepatan 0,23 Mbps.

c. Kartu Token Ring

      Kartu ethernet memiliki nomor MAC (Media Access Control) sejumlah 48 bit. Nomor MAC adalah nomor unik, seperti halnya IP Address, sehingga tidak akan ada nomor MAC Address yang sama pada setiap kartu ethernet. Nomor unik yang terdiri dari 48 bit dikelompokkan menjadi 6 bagian yang masing-masing terdiri dari 8 bit, contohnya 00 00 1B 62 21 e7. Tiga bagian pertama adalah kode perusahaan pembuat chip dari kartu ethernet tersebut. Kartu ethernet yang kini beredar dibagi menjadi beberapa tipe, yaitu:
  • 10Base5, tipe kartu ethernet yang menggunakan kabel koaksial dengan diameter 0,5 inci dan berwarna kuning. Topologi yang digunakan berbentuk bus. Jangkauan jarak maksimum sebesar 500 meter. Jika ditambahkan repeater (penguat), maka dapat mencapai jarak sampai +2,5 km. Kecepatan transmisi data sebesar 10 Mbps.
  • 10Base2, tipe kartu ethernet yang menggunakan kabel koaksial dengan diameter 5 mm. Topologi yang digunakan berbentuk bus. Jangkauan jarak maksimum sebesar 185 m. Kecepatan transmisi data sebesar 10 Mbps.
  • 10BaseT, tipe kartu ethernet yang menggunakan kabel twisted pair. Topologi yang digunakan adalah bintang (star). Jangkauan jarak maksimum sebesar 100 m. Kecepatan transmisi data sebesar 100 Mbps.
  • 10BaseF, tipe kartu ethernet yang menggunakan kabel serat optik. Topologi yang digunakan adalah bintang. Jangkauan jarak sampai dengan 2000 m. Untuk transmisi keluaran dan masukan menggunakan kabel yang berbeda. Kecepatan transmisi data sebesar 100 Mbps.
  • 100BaseT series, tipe kartu ethernet yang menggunakan kabel twisted pair. Tipe ini memiliki beragam metode akses. Kecepatan transmisi data 100BaseT series dapat melebihi 10Base series, yaitu 20-200 Mbps.
2. Hub/Konsentrator
    
 Hub berfungsi untuk menyatukan kabel-kabel jaringan dari setiap komputer workstation atau client, server, dan perangkat lainnya, seperti kabel modem. Hub terdiri dari beberapa port atau slot konektor yang telah mempunyai nomor urut. Hub dibagi menjadi 2 jenis, yaitu :
1. Hub Pasif
2. Hub Aktif
  Dalam topologi star, komputer yang menggunakan kabel twisted pair dihubungkan dengan hub. Hub yang beredar di pasaran saat ini mulai dari hub dengan port 8, 12, 24, dan 32 dan dengan konektor RJ-45. Biasanya hub digunakan untuk topologi star.

3. Kabel
 
    Kabel berfungsi untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya. Kabel yang digunakan memiliki kemampuan atau spesifikasi yang berbeda. Ada 2 jenis atau 2 tipe kabel yang digunakan untuk jaringan lokal, yaitu twisted pair yang terdiri dari UTP (Unshielded Twisted Pair) dan STP (Shielded Twisted Pair) serta kabel koaksial yang terdiri dari thick coaxial dan thin coaxial.

4. Konektor
    Konektor yang digunakan untuk membuat jaringan adalah konektor RJ-45 dengan kabel twisted pair dan konektor BNC dengan kabel koaksial. Konektor RJ-45 terdiri dari 8 pin.


5. Router
     
    Perangkat ini berfungsi untuk menghubungkan jaringan LAN dengan internet dalam merutekan transmisi antara keduanya. Router mentransmisikan informasi dari satu jaringan ke jaringan lain. Kelebihan router adalah kemampuan mencari jalur terbaik dalam mentransmisikan pesan atau data dari alamat asal ke alamat tujuan. Router dapat mengetahui keseluruhan jaringan dengan mencari sisi yang paling sibuk dan juga mampu menarik data dari sisi yang paling sibuk tersebut samapi sisi itu bersih (tidak sibuk lagi). Router dapat mengatur jalur sinyal secara efisien, mengatur pesan di antara dua buah protokol, serta mengatur pesan yang melewati kabel twisted pair, kabel serat optik, dan kabel koaksial.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar